Nursarifahainy’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

UN (Ujian Nasional) sebagai Standar Kelulusan Siswa, Masih Layakkah?

Ujian Nasional

Ujian Nasional

Beberapa alasan mengapa UN tidak cukup layak dijadikan sebagai satu-satunya standar kelulusan siswa:

• Kemampuan siswa hanya diukur dalam waktu singkat, yaitu 4 hari selama pelaksanaan UN- tidak melihat kemampuan siswa yang sesungguhnya selama 3 tahun. Kriteria lain selama menempuh jenjang pendidikan tidak turut dipertimbangkan, seperti prestasi siswa, nilai harian, nilai raport, keaktifan di kelas, perilaku & sikap, dll. Daya ukur lulus seharusnya tidak hanya dari segi otak (kognitif), namun juga aspek lain perlu diukur dan dijadikan bahan pertimbangan kelulusan.

• Banyak terjadi penyimpangan dan kecurangan selama berlangsungnya UN. Pemerintah tanpa pandang bulu menetapkan standar kelulusan minimal yang sama bagi semua sekolah. Hal ini menjadi tidak adil karena sekolah di daerah terpencil yang buku saja susah harus menanggung beban menguasai berbagai SKL yang sama dengan sekolah lengkap fasilitas di kota besar. Karena pemerintah memaksakan kehendaknya dengan standar kelulusan minimal, maka sekolah juga tidak mau kalah mencari cara agar bisa sesuai dengan yang diinginkan pemerintah. Sehingga banyak terjadi trik-trik cantik untuk menjawab tantangan yang terlampau sulit.

• Membiarkan UN berarti membiarkan calon generasi muda tumbuh dengan alam bawah sadar mereka melegalkan berbagai cara untuk mendapat apapun yang mereka inginkan. Bahwa bisa meraih sesuatu dengan mudah, mengapa harus bersulit? Selalu ada jalan pintas untuk keinginannya. Menjauhkan mereka dari pengalaman belajar yang menyenangkan, menjauhkan dari indahnya berkompetisi secara sehat untuk mendapatkan nilai terbaik. Mereka tidak merasakan bahwa untuk mendapat sesuatu ada harga yang harus dibayar tidak dengan uang, namun dengan pikiran, keringat dan waktu. Mereka melewatkan indahnya proses belajar dan perjuangan keras meraih cita-cita. Hanya mendidik calon generasi bangsa bermental “tempe”, yang tidak menghargai perlunya usaha dan kerja keras untuk meraih sesuatu. Sungguh disayangkan, ada pelajaran berharga yang terlewatkan. Menelorkan generasi baru yang lebih parah dari generasi saat ini (padahal generasi saat ini sudah cukup merusak dgn banyaknya banjir dan tingkat Korupsi yg tinggi di Indonesia). Pendidikan bukan hanya masalah bisa sekedar LULUS, namun lebih jauh dari itu pendidikan diharapkan dapat menanamkan sikap dan pikiran positif yang kelak berguna untuk survive di kehidupan mereka, medan pertempuran yang sebenarnya.

Saran buat pemerintah dan pengambil keputusan hendaknya mempertimbangkan lagi menjadikan UN sebagai satu-satunya standar kelulusan. Jika kemampuan siswa bagus, namun tidak mencerminkan kemampuan yang sebenarnya, maka apa gunanya nilai bagus. Ada yang lebih penting dari sekedar mendapat nilai bagus, yaitu bagaimana ilmu yang dipelajarinya bisa bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

About these ads

May 4, 2009 - Posted by | Uncategorized

1 Comment »

  1. gimana dengan operasi pagi hari.. sebelum UAN.. yang memang terbukti tapi tertutupi dengan rapih… sebagai bukti apakah… bukti bahwa siswa itu pintar dan lulus (??) atau sebagai bukti guru yang pintar mengajar dan dapat diserap oleh murid.. (???) sungguh politik yang menyakitkan bagi bangsa indonesia hingga muridnya sendiri aja harus berbohong kepada Orang tuanya bahwa ia lulus dngan guru nya yang pintar mengajar atau berbohong dngan kata2 yang lain…. LULUS dengan hasil ujian GURUNya bukan MURIDNYA… alangkah.. hebarnya guru2 sekarang…. suatu saat pasti akan terbongkar seperti Bangkai yang tersimpan lama akantercium pula baunya.. INSya ALlah .. (apakah waktu kita Sekolah yan lalu

    Comment by pEMERHATi | May 4, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: