Nursarifahainy’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Kearifan budaya local (Indigenous Knowledge)

Hutan Topis Indonesia

Hutan Topis Indonesia

Indonesia kaya akan falsafah hidup warisan dari nenek moyang. Namun, seiring perkembangan zaman banyak orang sudah meninggalkan kearifan budaya local ini. Mereka yang bangga menyebut dirinya masyarakat modern lebih bangga dan tertarik dengan apapun yang datang dan berbau luar negeri. Transfer ilmu pengetahuan sekaligus kebudayaan luar terjadi begitu cepat dan mudahnya. Kilauan kemegahan dunia yang dibawa dan dihadirkan bangsa asing memang begitu menggoda setiap mata yang memandangnya. Dengan salah kaprahnya ditelan bulat-bulat oleh banyak manusia, dan menyebabkan tergantikannya nilai-nilai tradisional dengan nilai-nilai yang dianggap lebih modern, lebih masuk akal, lebih keren. Padahal tidak semua hal dapat dipakai dan sesuai dengan kita, bangsa Indonesia.

Kearifan budaya local warisan nenek moyang kita ternyata banyak mengajarkan tentang falsafah kehidupan, keberlanjutan kehidupan dan keseimbangan alam. Sebagai contoh, di daerah sekitar rawa, masyarakat pedalaman irian jaya bisaa membantu tunas-tunas bakau yang berjatuhan disekitar pohon bakau untuk bisa berdiri tegak dan tumbuh- dengan tangan tangan mereka sepulang mereka berburu makanan dihutan bakau. Karena apa? Karena mereka sadar alamlah yang memberikan mereka makanan, jika alam tidak dijaga maka mereka tidak bisa mengambil hasil dari alam. Suatu kepedulian dari hati yang amat besar. Pada daerah tertentu, tetua suku adat melarang menebang hutan-hutan rotan di pedalaman Kalimantan. Mereka membutuhkan rotan untuk keberlanjutan kehidupan mereka. Terjalin suatu hubungan yang sangat baik antara manusia dan alam, sehingga generasi mendatang dapat terus merasakan manfaat yang diberikan oleh alam.

Anak-anak bangsa ini perlu banyak belajar dan menerapkan nilai-nilai warisan nenek moyang yang secara tidak langsung sangat berpihak pada keseimbangan alam. Ambillah sesuatu karena kebaikan dan kemanfaatannya, bukan hanya karena ‘kelihatan’ baik dan cukup keren.

February 14, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: