Nursarifahainy’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Hukum Newton in Our Daily Life

newton lawHukum Newton atau yang dikenal dengan hukum kelembaman benda menyatakan bahwa benda yang semula diam akan tetap diam dan benda yang bergerak dengan kecepatan tetap akan terus bergerak dengan kecepatan yang sama jika tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya. Hukum tersebut berlaku untuk benda maupun manusia. Kita sering merasa  mager (males gerak) kalo udah nyaman di rumah, lagi makan sambil nyemil trus tiba-tiba disuruh ke warung pasti rasanya mager. Bukan hanya benda, manusiapun memiliki kecenderungan untuk mempertahankan posisi sebelumnya. Ada juga orang yang senang bekerja dan pusing jika tidak bekerja. Hukum Newton di sini juga bekerja. Manusia yang biasa bekerja dengan kecepatan tertentu dan tiba-tiba ia tidak melakukannya lagi, maka ada kecenderungan untuk terus bekerja dengan kecepatan yang sama seperti semula. Makanya manusia, hewan maupun tumbuhan memiliki jam biologinya masing-masing. Contoh simpelnya jam tidur dan jam makan tiap orang bisa berbeda dengan orang lainnya, namun akan tetap berlaku pada orang yang sama. Tiap orang punya jam dan kecepatannya sendiri dan akan cenderung mempertahankan kecepatannya semula. Bila dilakukan upaya perubahan terhadap kecepatan (jam biologi) pada seseorang biasanya akan memberikan sedikit dampak pada orang dewasa dan dampak yang cukup terlihat pada bayi dan manula. Adek bayi yang biasa bangun jam 7 trus makan, bila tiba-tiba dibangunkan jam 5 pagi, langsung mandi dan pergi jalan-jalan akan bisa menyebabkan si adek bayi anget (demam) di siang harinya karena adanya perubahan jam tidur dan bangun.

Apakah hukum Newton ini berlaku juga untuk nasib manusia ya? Kenapa ada yang kaya tambah kaya dan yang miskin tetap miskin? Apakah orang yang sedang kaya sedang berjalan dengan kecepatan tertentu yang membuatnya tetap kaya? Sedangkan si miskin tetap juga di kecepatannya sehingga keadaanya tidak berubah. Bagaimana jika si miskin mengubah kecepatannya menjadi sama dengan frekuensi kecepatan si kaya, apakah hidup si miskin akan berubah? Hukum Newton ini juga terdapat di Al Quran yang menyebutkan bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika mereka sendiri tidak merubahnya.

Hukum fisika ini akan tetap berlaku sama untuk semua orang selama orang tersebut masih ada di universe yang sama. Hukum fisika bukan hanya berlaku untuk benda mati, namun semua materi termasuk manusia didalamnya.

January 4, 2013 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: