Nursarifahainy’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Dihapusnya RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)

Pemerintah sepertinya serba salah. Disatu sisi ingin memperbaiki mutu pendidikan, namun disisi lain keberlakuannya merata untuk semua rakyat tanpa diskriminasi kelas sosial. GambarApakah pendidikan hanya milik orang yang mampu? Yang bisa membeli buku apa saja, bisa belajar dengan metode apa saja,bisa pergi kemana saja karena orangtuanya mampu. Sementara, bagi si miskin cukuplah belajar seadanya, masuk saja sudah syukur, boro-boro tujuan kurikulum tercapai.

Memang, belajar butuh biaya. Memang, sekolah bertaraf internasional dengan bahasa pengantar bahasa Inggris dapat mencetak murid dengan kualitas yang siap go international. Memang, hak pendidikan belum sama diperoleh oleh semua anak Indonesia. Pemerintah dalam dilema memajukan mutu pendidikan tanpa adanya diskriminasi tingkat ekonomi.

Beberapa orang tua siswa tidak setuju dengan RSBI karena besarnya jumlah pungutan/biaya di kelas RSBI. Beberapa orang tua siswa lain setuju saja bayar mahal asal mutu pendidikan anaknya tetap bagus. Bagaimanakah jalan tengahnya yang bisa memfasilitasi semua golongan? Inilah tantangan bagi pendidikan Indonesia yang sedang tumbuh.

Andai saja pemerintah mampu mencetak guru-guru yang bisa mengajar seperti di sekolah RSBI, dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sekali lagi, gak perlu ganti kurikulum. Kalo guru diberi pelatihan secara berkala yang berkelanjutan dan kesejahteraannya memadai, insy guru-guru bisa mengajar dengan lebih baik lagi, sehingga bisa mencetak murid-murid yang cerdas dan kreatif, serta meningkatkan mutu pendidikan Indonesia secara keseluruhan.

Study English?, why not?!

January 12, 2013 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: