Nursarifahainy’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

science

Suku cadang tubuh manusia
Kalau kita sering mendengar adanya suku cadang kendaraan bermotor, ada juga teknologi baru yaitu pengembangan suku cadang manusia. Kalau suku cadang mobil atau motor bisa di buat dalam jumlah banyak di pabrik, lain halnya dengan suku cadang manusia yang hanya bisa diperoleh saat ada sisa organ dari korban tabrak lari atau orang yang baru meninggal dunia yang bisa diselamatkan.
Suku cadang manusia, atau organ tubuh ini di simpan dalam tabung dengan suhu 200 C di bawah nol, lebih dingin dari suhu dimanapun di muka bumi ini. Keelastisan tendon di uji terlebih dahulu sebelum dicangkokkan ke tubuh manusia. Saat ini sudah ada lembaga yang menyimpan organ-organ manusia yang didinginkan sehingga bisa digunakan kapanpun dibutuhkan, dan masih dapat dipakai selama beberapa tahun kedepan.
Pencangkokan ginjal adalah prosedur yg rumit dan rapuh. Dokter perlu mengeluarkan penyakit sebelum memasangnya ditubuh yang baru.Dokter hanya mau menerima pasien dengan kemungkinan berhasil 50%. Hal terburuk yang harus dilakukan bagi pasien daftar tunggu pencangkokan adalah berusaha bertahan selama mungkin yang mereka bisa sampai datangnya organ donor.
Selamat datang dari dunia baru pencangkokan organ tubuh manusia. Gino, seorang dgn kanker hati dan hepatitis, dokter hanya memperkirakan ia bisa bertahan 9 bulan karena kanker telah menyebar hampir ke seluruh hati.   Bila tidak ada rumah sakit yang menerima, ada satu jalan lain, yaitu pencarian lewat internet, dimana segala jenis organ tersedia asal bersedia membayar untuk itu. Plus tersedia dokter bedahnya dan paket tiket perjalanan sampai operasi pencangkokan berhasil.
Pencangkokan organ tubuh manusia sangat sulit, perlu memperhatikan ukuran, golongan darah dan kualitasnya. Jika organ yang dipasang tidak cocok golongan darahnya, maka bisa terjadi penolakan dari tubuh pasien. Mulai dari pembengakakan organ sampai dengan kematian.
Di Amerika 97ribu,di cina terdapat 2 juta orang menunggu pencangkokan organ tubuh manusia. Perdagangan ginjal di larang di India, namun perdagangan organ gelap tetap terjadi. Di India, banyak wanita miskin di daerah pedalaman yang memiliki bekas jahitan di perut bagian samping-yang menandakan bahwa ginjal mereka telah diambil salah satunya.
Ada pasar gelap yg menjalani bisnis perdagangan organ tubuh manusia.Pegawai yg korupsi, dokter yg mengambil manfaat dari orang2 miskin yg membutuhkan uang untuk membayar hutang.
Dengan tawaran 3500 dollar(senilai 42 juta rupiah, dengan konversi 1 dollar 12 ribu rupiah) yg harus digantikan dengan salah satu ginjalnya. Ginjalnya akan dibeli oleh orang asing yg kaya yg bersedia membayar 40.000 dollar untuk ginjalnya. Namun, Malika-salah seorang yang pernah menjadi donor ginjal- ternyata hanya mendapatkan 700 dollar, hanya 1/5 dari uang yg dijanjikan, sisanya diambil oleh pedagang ginjal gelap yang kemudian menghilang setelah mendapatkan organ yg mereka cari, sedangkan Malika harus bertahan menghadapi hidup dengan satu ginjalnya.

Terdapat  4.000 kasus transplantasi hati dalam waktu setahun di China. Dokter pun dibingungkan dengan darimanakah asal organ-organ tubuh ini. Di cina tidak ada yang mau mendonorkan organ tubuh karena mereka memiliki keyakinan bahwa saat mereka meninggal mereka harus memiliki organ yang utuh sehingga mereka bisa bahagia di surga.
Organ tsb datang dari suatu tempat. Jumlahnya 10.000 organ dalam satu tahun, pria dan wanita. Ribuan orang luar China dieksekusi karena kesalahan yang mereka perbuat. Setelah dieksekusi, organ mereka akan langsung diambil. Para ambulans telah bersiap mengambil organ dari para terpidana mati tersebut.
Seorang dokter, Dokter Wong yang kini berada di pengasingan menceritakan kisahnya. Dulu, ia yang bertugas mengambil ginjal dan organ lain dari para tahanan yang di eksekusi di China. Ia merasa tertekan, ada dilema batin di hatinya. Ia mengatakan, kadang ia merasa bahwa suatu saat ia yang akan dieksekusi dan ia gelisah memikirkannya. Seharusnya sebagai dokter tugasnya adalah menyelamatkan jiwa bukan membantu perdagangan organ tubuh manusia hanya demi uang.
Heather Augustin, seorang pasien dengan kelainan pada tulang belakang. Dokter menyarankan transplantasi tulang, namun bukan menggunakan tulang dari salah satu bagian tubuhnya. Dokter menyarankan menggunakan tulang muda yg lebih kuat dari pendonor. Tulang belakangnya berasal dari suatu perusahaan. Namun, terdapat keganjilan. Tulang telah diambil dari ratusan jasad dan diganti dengan pipa PVC. Pihak keluarga jasad ini tidak diberitahu bahwa ada pengambilan organ tertentu.
Ada 10.000 orang yg memiliki kasus seperti Heather yang mendapat pencangkokan tulang belakang. Dan, para pasien tidak mengetahui dari mana asal organ yang melekat ditubuh mereka berasal.
Organ manusia adalah kumpulan ikatan rumit dari jaringan tubuh. Sebuah ginjal dapat memompa 500 liter darah per hari. Ketika organ tubuh gagal, penggantiannya hanya bisa didapat dari organ tubuh lain.
Di masa depan semua ini akan teratasi dengan adanya organ buatan manusia. Serat katun silicon, dengan menggunakan teknologi computer (chip) yg membantu menutup jaringan organ buatan. Jika berhasil, ini akan menjadi organ buatan andalan di masa depan.
Dunia medis sangat tergantung dari para pendonor. Jantung, hati dan ginjal harus segera dicangkokkan dalam waktu kurang dari satu jam agar bisa berfungsi normal. Dan organ ini, akan menjadi hadiah terindah bagi para pasien daftar antri yang siap menerima ginjal atau organ baru lainnya.
Meddy, salah satu pasien yang telah menerima pencangkokan ginjal saat ini diusia yang ke 62- satu tahun setelah pencangkokan ginjalnya dapat hidup normal tanpa perlu mengkonsumsi obat untuk ginjalnya. Namun, masih banyak Meddy lainnya.Di Negara barat, ¼ telah berada dalam daftar tunggu pencangkokan organ tubuh.
Dalam menghadapi hidup dan mati, seseorang akan menunjukkan keserakahannya supaya bisa bertahan hidup. Harga organ tubuh manusia sangat mahal. Ginjal di India dihargai 25 .000 dollar. Jantung afrika  290.000 dollar. Namun, apapun akan dilakukan untuk bisa mempertahankan hidup. Dapatkah uang mengantikan kehidupan?
Sungguh, betapa besarnya hutang manusia pada Tuhan yang telah membuat jantung kita terus berdetak , yang memompa darah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sudah berapa detak jantung terjadi dalam kehidupan kita. Dan, jika kita harus membayar semua itu maka tentunya kita tidak akan sanggup.

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: